Tips Memperoleh Hasil Terbaik UN

Ujian Nasional (UN) diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu UN digunakan juga untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan.

Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable).

Perubahan mendasar penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2015/2016 dibandingkan Tahun Pelajaran 2014/2015, sebagai berikut: (1) Permendikbud hanya mengatur dan menetapkan kebijakan mendasar tentang penilaian hasil belajar dan berlaku multi tahun, (2) kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2015/2016 disusun berdasarkan kriteria kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku pada lingkup materi yang sama; dan (3) perluasan jangkauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi UN. Proses pengembangan soal melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan pakar penilaian pendidikan.

Dari penjelasan di atas maka dapat diketahui bahwa soal-soal yang keluar pada ujian nasional telah sesuai dengan Kisi-kisi dan SKL UN yang ada. Kisi-kisi dan SKL UN tersebut sudah disosialisasikan secara nasional. Dengan demikian, semua siswa dan pengajar seharusnya dapat melakukan persiapan secara dini dan matang. Namun karena berbagai hal, banyak siswa atau pengajar yang masih kurang mencermati Kisi-kisi dan SKL UN yang ada.

Berdasarkan uraian di atas, berikut ini tips-tips yang harus diperhatikan siswa agar memperoleh hasil terbaik pada UN

1. Mendata Materi yang Ada pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Lakukan pendataan materi yang ada pada SKL, kemudian mendata soal-soal ujian nasional pada tahun-tahun sebelumnya. Lakukan analisa pada soal-soal tersebut, misalnya mengenai soal-soal yang sering keluar.

2. Berlatih Soal-soal UN SMA/MA pada Tahun Sebelumnya

Berlatih mengerjakan soal-soal UN terdahulu penting dilakukan, perhatikan dan pahami pembahasan soalnya karena soal-soal UN terbaru identik dengan soal-soal pada tahun sebelumnya sehingga cara penyelesaiannya pun hampir sama.

3. Pahami Materi Pelajaran

Menguasai materi pelajaran adalah hal yang terpenting yang harus dikuasai siswa. Apabila siswa tidak menguasai materi maka pastinya siswa akan mengalami kesulitan ketika menghadapi soal yang polanya sama, tetapi berbeda angka atau tulisannya. Siswa sering mengalami kesulitan ketika harus menguasai materi yang cukup banyak yang meliputi materi mulai kelas X, XI, dan XII SMA/MA. Solusi untuk hal ini adalah memfokuskan diri mempelajari materi pelajaran sesuai dengan Kisi-kisi Ujian Nasional dan SKLUN yang dikeluarkan oleh Kemdikbud, tentunya tanpa mengesampingkan materi yang lainnya.

4. Pengelolaan Waktu Selama Pengerjaan

Setiap mata pelajaran yang diujikan pasti disebutkan waktu pengerjaan dan jumlah soal yang harus dikerjakan. Misalnya suatau mata pelajaran dengan jumlah soal 50 dan waktu pengerjaan 120 menit, bearti siswa dapat mengerjakan satu soal selama 2,4 menit. Sebaiknya setiap soal dikerjakan dibawah waktu stersebut. Tujuannya adalah agar pada akhir pengerjaan sehingga masih punya waktu luang untuk kembali memeriksa ulang jawaban.

5. Sering Berlatih Menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK)

Banyak berlatih menjawab soal dengan LJK karena LJK sangat memengaruhi nilai Anda. Jika LJK ada coretan, sobek, atau kotor maka LJK tidak akan dapat diperiksa oleh komputer sehingga meskipun jawaban Anda benar maka tetap dianggap tidak terjawab atau jawaban kosong.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar (BimBel) di Dalam dan Luar Sekolah

Meskipun tidak diharuskan, namun dengan mengikuti BimBel, siswa akan sering diajarkan memahami karakteristik soal dan mengerjakannya dengan cara cepat. Hal ini akan dapat membantu penguasaan materi dan juga dapat mempermudah siswa dalam mengelola waktu pengerjaan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *