Rencana 8 Mata Pelajaran pada USBN SD 2018 Dibatalkan

Rencana pemerintah mengujikan delapan mata pelajaran pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) akhirnya dibatalkan. Pembatalan ini diputuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mempertimbangkan hasil pembahasan pembahasan internal bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan demikian pemerintah tetap akan menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) dengan mengujikan tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika pada tahun ajaran 2017/2018.

Sebelumnya BSNP mengusulkan untuk mengganti ujian sekolah (US) menjadi USBN pada tahun ajaran 2017/2018. USBN tersebut akan diterapkan dengan mengujikan sebanyak delapan mapel, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, Seni Budaya, Prakarya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), dan Agama.

Namun, dengan mempertimbangkan berbagai komponen penunjang pendidikan, Kemendikbud memutuskan untuk melakukan peninjauan lebih dalam terkait usulan tersebut. Artinya, pelaksanan US SD masih akan mengacu pada peraturan tahun ajaran 2016/2017 yang hanya mengujikan tiga mapel, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Berbeda pada tahun 2017 lalu terdapat jenis ujian di jenjang SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), yaitu US/M dan Ujian Sekolah, maka tahun 2018 ini berubah menjadi USBN dan Ujian Sekolah. Lima mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Keterampilan, dan Penjaskes dan Olahraga.

Dengan demikian USBN tetap 3 mata pelajaran sedangkan mata pelajaran lain diujikan dalam Ujian Sekolah.

Pada USBN 2018, sebesar 20 persen hingga 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG). Sedangkan Kemudian untuk lima mata pelajaran pada Ujian Sekolah, soal-soal akan dibuat oleh guru masing-masing sekolah

Rencananya soal untuk USBN SD juga akan menyertakan esai sebanyak 10 persen dari total soal. Hal ini berbeda dengan US/M yang berlaku pada tahun sebelumnya, di mana semua soal berbentuk pilihan ganda. Jadi jika da 40 soal secara keseluruhan maka ada 4 soal yang berbentuk esai termasuk matematika.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply