Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2017

Penerimaan mahasiswa baru atau Ujian Masuk Universitas Diponegoro Semarang  (UM UNDIP) terdiri dari PSSB D3, SNMPTN, SBMPTN, UM S1, UM S1 Kelas IUP, UM D3 PLN dan UM D3. Masing-masing jalur penerimaan mempunyai mekanisme tersendiri dalam proses pendaftaran maupun seleksinya.

1. PSSB

Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) untuk Diploma III Universitas Diponegoro dibuka untuk peminat yang ingin melanjutkan studi di salah satu program studi Diploma III yang ada di Undip melalui seleksi tanpa tes.

Pendaftaran PSSB jalur Diploma III mulai dibuka pada awal tahun, untuk 2016 ini pendaftaran mulai 25 Januari s/d 25 Maret 2016. Proses Pendaftaran PSSB Program DIPLOMA III dilakukan secara Online. Program ini mirip dengan SNMPTN namun untuk peminatan jenjang D III dimana mekanisme pendaftaran melibatkan Siswa calon peserta dan sekolah.

Daya Tampung Program Studi Diploma Universitas Diponegoro Tahun 2016

 um-pssb-undip-diploma-iii

2. SNMPTN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.

SNMPTN merupakan jalur undangan tanpa tes yang bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa SMA/MA atau SMK atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya untuk kuliah di PTN.

Ada berbagai kriteria yang dijadikan penilaian dalam penerimaan SNMPTN Undip, antara lain prestasi akademik siswa selama di sekolah dan kriteria ketuntasan minimal siswa (KKM). Selain nilai rapor, ranking atau indeks sekolah juga menjadi pertimbangan.

Nilai rapor yang diperoleh siswa pada mata pelajaran tertentu disesuaikan program studi yang dipilih juga dipertimbangkan, misalnya Biologi dan Kimia untuk Fakultas Kedokteran.

Pendaftar terbanyak SNMPTN Undip tahun 2015 untuk jurusan IPA dipegang Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dengan jumlah 2071 siswa. Program Studi Manajemen menjadi favorit siswa IPS dengan jumlah peminat mencapai 4697 sekaligus jurusan ini termasuk paling ketat persaingan masuknya yakni 1:66.

 undip-snmptn

3. SBMPTN

SBMPTN dilaksanakan melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan Ujian tertulis terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tiga tahun terakhir dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C.

Tingkat persaingan SBMPTN Undip berdasarkan yang diterima dengan pendaftar khususnya untuk TA 2015 rata-rata 1 : 29. Secara keseluruhan daya tampung 2015 mencapai 2148 dengan pendaftar (pilihan 1,2 dan 3) sebanyak 62.649.

 sbmptn-undip

 

4. SELEKSI MANDIRI

 

 Seleksi Ujian Mandiri ini erupakan seleksi mahasiswa strata I (S1) maupun D III di Universitas Diponegoro selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi S1 meliputi jalur Ujian Mandiri dan Jalur Bibit Unggul, sedangkan Program D III selain ujian mandiri ada program Kerjasama PLN (pilihan program studi Teknik Elektro).
Daya tampung dan tingkat persaingan Jalur Mandiri Program S1 dapat disimak pada tabel dibawah.

Penerimaan Mahasiswa Baru Undip

Seleksi Mandiri Undip

JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNDIP

Kalender penerimaan mahasiswa baru Jalur Diploma III dan Sarjana S1 Undip TA 2017/2018

Info selengkapnya : http://um.undip.ac.id/

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *