Penerimaan Ikatan Dinas PKN STAN 2017

Mulai tahun 2015 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137 PMK 01/ 2015 yang diterbitkan pada 15 Juli 2015.

Dampak mendasar dengan adanya perubahan ini PKN STAN kini dapat menyelenggarakan program pendidikan lanjutan hingga pascasarjana seperti program S2 (magister) dan S3 (doktoral).

Namun bergantinya nama STAN tidak berpengaruh terhadap sistem ikatan dinas yang sudah lama diterapkan lembaga pendidikan ini.

Dalam pengumuman penerimaan mahasiswa baru PKN STAN selalu ada klausul atau keterangan yang menjelaskan adanya ikatan dinas yakni:

  1. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.
  2. Lulusan Program Studi Diploma I dan Diploma III dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Uang Saku

Sejak berlakunya PMK No 188/PMK.01/2014 tunjangan ikatan dinas atau uang saku yang dulu diterima mahasiswa semesster akhir tidak diberikan lagi. Pasal 3 tentang hak mahasiswa hanya menyatakan bahwa mahasiswa tidak dikenakan biaya selama mengikuti pendidikan Prodip. Tidak ada klausul lagi soal pemberian tunjangan ikatan dinas.

Peraturan Menteri Keuangan sebelumnya yakni PMK No 289/KMK.014/2004 ada pasal yang berbunyi Mahasiswa memperoleh tunjangan ikatan dinas selama satu tahun pada tahun terakhir masa pendidikan yang dijalani, kecuali mahasiswa tugas belajar.

Dengan penghapusan pasal ini otomatis mahasiswa PKN STAN tidak menerima lagi tunjangan ikatan dinas atau uang saku.

Ganti Rugi

Bagi mahasiswa yang tidak menyelesaikan masa pendidikan dengan alasan mengundurkan diri atau dikeluarkan karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan wajib membayar Ganti Rugi apabila yang bersangkutan mengambil asli transkrip nilai.

Ganti rugi untuk kasus seperti ini sebesar Rp 6.500.000 per semester bagi mahasiswa Prodip I dan Prodip III ganti ruginya Rp 5.800.000/semester

Begitu pula Lulusan Prodip yang mengundurkan diri atau tidak mengikuti seleksi pengadaan CPNS golongan II di lingkungan Kementerian Keuangan, wajib membayar Ganti Rugi apabila yang bersangkutan mengambil asli ijazah dan asli transkrip nilai. Besaran ganti rugi mancapai Rp 26.000.000 untuk lulusan Prodip I dan Rp 69.600.000 bagi lulusan Prodip III

Penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2017

Kuota  : 6.961 orang

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI DIPLOMA I, DIPLOMA III, DAN DIPLOMA IV POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2017

Kementerian  Keuangan  Republik  Indonesia  akan  menerima  putra  putri  Warga  Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:

  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

A. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN

1.Lulusan (tahun 2016 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2017) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:

a. Untuk lulusan tahun 2016 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau

b. Untuk calon lulusan tahun 2017, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas  XII)tidak  kurang  dari  70,00  dengan  skala  100,00  atau  2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2017 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1997).

4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.

6. Khusus Program Studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syaratsebagai berikut:

a. Jenis kelamin dan tinggi badan:

1) Program Studi Diploma I:
– Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
– Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;

2) Program Studi Diploma III:
– Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;

b. Tidak cacat badan;
c. Tidak buta warna; dan
d. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

7. Menyetor biaya pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

8. Pendaftar tidak sedang menjadi mahassiwa atau tidak pernah dikeluarkan dari pendidikan di Politeknik Negara STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

B. TATA CARA PENDAFTARAN

1. Tahapan pendaftaran meliputi:

a. Registrasi peserta dan pemilihan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK): PKN STAN melalui portal Panselnas;
b. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal PMB PKN STAN;
c. Penyetoran biaya pendaftaran; dan
d. Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).

2. Registrasi peserta dan pemilihan PKN STAN melalui situs http://www.panselnas.id pada tanggal 9 s.d. 31 Maret 2017.

3. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) PMB PKN STAN melalui situs http://www.pmb.pknstan.ac.id pada tanggal 9 s.d. 31 Maret 2017.

4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online(e-registration) akan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account).

5. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Periode pembayaran adalah 10 Maret s.d. 1 April 2017;
b. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking(perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://www.pmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
c. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun; dan
d. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU.

6. Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id pada tanggal 17 Maret 2017.

7. Calon peserta wajib melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi dan jadwal yang telah ditentukan, dengan ketentuan:

a. Calon peserta datang sendiri/tidak dapat diwakilkan;
b. Menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO);
c. Menunjukkan ijazah asli (untuk lulusan sebelum tahun 2017) atau rapor asli (untuk calon lulusan tahun 2017);
d. Menyerahkan bukti pembayaran dari bank;
e. Menyerahkan pas foto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih) sebanyak 3 lembar;f. Menunjukkan bukti diri asli berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku;
g. Calon peserta (calon lulusan tahun 2017) yang menggunakan rapor sebagai bukti diri, wajib membawa rapor lengkap yang terdiri dari data diri berfoto serta nilai-nilai tiap semester; dan
h. Calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan ujian.

8. Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 7 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur.

9. Tempat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Ujian Tahap I (TPA dan TBI) sebagai berikut:

10. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

C. TAHAPAN PELAKSANAAN UJIAN

1. Ujian terdiri atas:
a. Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 23 April 2017 di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta 10. Bandar Lampung 19. Pontianak
2. Banda Aceh 11. Cimahi 20. Banjarmasin
3. Medan 12. Semarang 21. Balikpapan
4. Padang 13. Yogyakarta 22. Manado
5. Pekanbaru 14. Surabaya 23. Palu
6. Batam 15. Malang 24. Makassar
7. Jambi 16. Denpasar 25. Ambon
8. Bengkulu 17. Mataram 26. Sorong
9. Palembang 18. Kupang 27. Jayapura

b. Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran) tanggal 8 s.d. 13 Mei 2017 di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta 5. Cimahi 9. Malang
2. Medan 6. Semarang 10. Denpasar
3. Pekanbaru 7. Yogyakarta 11. Makassar
4. Palembang 8. Surabaya

c. Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) tanggal 5 s.d. 9 Juni 2017di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta 5. Cimahi 9. Malang
2. Medan 6. Semarang 10. Denpasar
3. Pekanbaru 7. Yogyakarta 11. Makassar
4. Palembang 8. Surabaya

2. Ujian menggunakan sistem gugur pada setiap tahapan ujian.

3. Tahap I (TPA dan TBI) dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam 08:00 WIB/09:00 WITA/10:00 WIT.

4. Pada saat ujian peserta wajib membawa:

a. Bukti Peserta Ujian (BPU) asli;
b. Identitas diri asli berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK)yang masih berlaku(identitas diri sesuai pada saat verifikasi berkas dan pengambilan BPU); serta
c. Pensil 2B, penghapus, ballpoint, dan perlengkapan ujian lain yang diperlukan.

5. Peserta ujian yang tidak memenuhi poin 4 di atas serta tidak hadir dan/atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan apapun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur.

D. PENGUMUMAN HASIL UJIAN

1. Hasil ujian akan diumumkan sebagai berikut:

a. Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 3 Mei 2017;
b. Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran) tanggal 24 Mei 2017; dan
c. Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) tanggal 16 Juni 2017.

2. Pengumuman hasil tes dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

E. PENDIDIKAN

1. Pendidikan untuk Program Studi Diploma I, Diploma III,dan Diploma IV akan dimulai pada tanggal 4 September 2017.

2. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma I adalah dua semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.

3. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma III adalah enam semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.

4. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma IV adalah delapan semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.

5. Pendidikan Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IVdiselenggarakan di:

a. Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN;
b. Kampus Purnawarman (Sekretariat BPPK);
c. Kampus Rawamangun (Pusdiklat Bea Cukai); dan/atau
d. Kampus Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia.

6. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.

7. Lulusan Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IVdapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

F. LAIN-LAIN

  1. Semua biaya (transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta.
  2. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
  3. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
  4. Panitia penerimaan mahasiswa baru berwenang untuk mengalokasikan peserta yang dinyatakan lulus ke program studi dan lokasi pendidikan yang tersedia.
  5. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
  6. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Kementerian Keuangan berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
  7. Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia Pelaksana Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Keuangan Negara STAN melalui e-mail: pmb@pknstan.ac.id.

Dikeluarkan di Jakarta
Pada tanggal Februari 2017
KEPALA BADAN
SELAKU KETUA PANITIA PENGARAH,
ASTERA PRIMANTO BHAKTI
NIP 19680120 199201 1 003

File dalam bentuk pdf dapat diunduh di sini

Catatan :

Ada revisi pengumuman, poin yang berubah syarat pendafataran ada tambahan poin 8 (Pendaftar tidak sedang menjadi mahassiwa atau tidak pernah dikeluarkan dari pendidikan di Politeknik Negara STAN). Satunya lagi ujian tahap I dilaksanakan menjadi tanggal 23 April 2016 (sebelumnya 16 April 2016)

FAQ Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2017





PERSYARATAN PENDAFTAR

1. Apakah itu PKN STAN ?
Perguruan tinggi vokasi di lingkungan Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma di bidang Keuangan Negara.
2. Bagaimana cara seleksi penerimaan di PKN STAN ?
Satu-satunya jalur untuk menjadi mahasiswa PKN STAN adalah Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN (PMB PKN STAN). Tidak melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ataupun Seleksi Mandiri (SM).
3. Di mana tempat pendidikannya ?
Tempat pendidikan ada di a. Kampus Pusat PKN STAN diantaranya 1) Kampus Bintaro Tangerang Selatan untuk semua jurusan, 2) Kampus Rawamangun Jakarta Timur untuk DIII Jurusan Kebapeanan dan Cukai dan 3) Kampus Purnawarman Jakarta Selatan untuk DIV Jurusan Akuntansi. b. Kampus Daerah (ada 11 kota Badan Diktat Keuangan) untuk DI Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Pajak.
4. Bagaimana setelah lulus dari PKN STAN ?
Lulusan PKN STAN berhak mendapatkan ijazah, gelar atau sebutan, surat keterangan pendamping ijazah, dan transkrip akademik setelah menyelesaikan semua kewajiban akademik, administrasi, dan ikatan dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
5. Gelar yang didapat apabila lulus dari PKN STAN ?
a. Untuk Diploma I Ahli Pratama (AP) b. Untuk Diploma III, AhIi Madya (Amd.) c. Untuk Diploma IV, Sarjana Sains Terapan (S .Tr.)
6. Saya memiliki ijazah luar negeri sederajat dengan SMA, apakah saya bisa mendaftar ?
Sampai saat ini konversi nilai dari ijazah luar negeri untuk penyetaraan nilai dengan ijazah sannpai saat ini belum ada, sehingga lulusan luar negeri yang tidak bisa melakukan konversi nilai, tidak bisa mengikuti PMB.
7. Apakah lulusan SMK semua jurusan bisa mendaftar ?
Lulusan SMK semua jurusan bisa mendaftar.

PERSYARATAN PENDAFTAR

8. Nilai rata-rata tulis saya 6,99 atau kurang, Apakah saya bisa mendaftar ?
TIDAK BISA. Persyaratan nilai rata-rata untuk PMB PKN STAN 2017 adalah ; a. Untuk lulusan 2016 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah TIDAK KURANG dari 70,00 dengan skala 100,00; atau b. Untuk calon lulusan 2017, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen PENGETAHUAN pada 5 semester TIDAK KURANG dari 70,00 dengan skala 100,00 ATAU 2,80 dengan skala 4,00 dengan ketentuan pada saat daftar ulang yang bersangkutan dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00
9. Apakah perempuan bisa memith Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
Tahun ini perempuan bisa memilih dan mengikuti pendidikan Kepabeanan dan Cukai hanya untuk program Diploma I.
10. Bisakah mata minus/plus/silindris lebih dari 2,00 diopri mendaftar di PMB ?
Diperkenankan mendaftar tapi tidak blsa memilih program Diploma Kepabeanan dan Cukai.
11. Bisakah seseorang yang cacat fisik mendaftar ?
Bisa, dengan catatan kekurangan fisik peserta tidak menghalangi dalam mengikuti tes PMB dan menjalani pendidikan di PKN STAN.
12. Bisakah lulusan pesantren mendaftar PMB PKN STAN ?
Bisa, jika memiliki ijazah setara MA dan memenuhi syarat pendaftaran.
13. Bisakah berijazah paket C mendaftar PMB PKN STAN ?
Bisa. jika memenuhi persyaratan pendaftaran,

PENGISIAN DATA PENDAFTAR

1. Di mana saya mendapatkan password untuk Login ?
Password yang digunakan untuk login adalah password yang anda buat saat melakukan registrasi di portal www.panseinas.id, silahkan lihat email balasan dari panitia panseinas di email masing-masing.
2.Nilai mana saja yang dimasukkan dalam perhitungan rata-rata ujian tulis ?
Terdapat perbedaan tata cara perhitungan nilai untuk peserta yang lulus pada tahun 2016 dan lulus sebelum tahun 2016, untuk lebih jelasnya kami sediakan panduan pada menu cara mendaftar.

PENGISIAN DATA PENDAFTARAN

3. Apakah boleh menggunakan kartu pelajar sebagai bukti identitas diri?
Bukti diri berfoto yang diperkenankan adalah rapor/ljazah/KTPI/SIM/Paspor/SKCK.
4. Apakah saya harus memilih semua pilihan jurusan pada saat mendaftar?
Wajib, memliih semua jurusan yang persyaratan terpenuhi.
5. Tanggal lahir yang tercantum di ijazah tidak sama dengan yang tercantum di tanda pengenal. Manakah yang dipakai ?
Tanggal lahir yang digunakan untuk mendaftarkan PMB PKN STAN adalah yang tercantum di ijazah, jika berbeda maka harus menyertakan RALAT ijazah dengan mencantumkan tanggal lahir sebenarnya.
6. Umur saya 20 tahun 0 bulan 1 hari, apakah boleh mendaftar ?
Umur maksimal pendaftar adalah 20 tahun 0 bulan 0 hari pada 1 September 2017. Lahir sebelum 1 September 1997 tidak memenuhi kriteria,

CETAK BUKTI PENDAFTARAN ONLINE






1. Saya ingin mencetak Bukti Pendaftaran Online (BPO) tidak muncul dilayar, mengapa?
BPO langsung ditampilkan di browser anda (tidak didownload dalam bentuk pdf). Jika tidak bisa, kemungkinan server sibuk Silahkan dicoba kembali.
2. BPO saya jadi dua lembar, mencetaknya bagaimana?
Setelah melakukan kunci data, pendaftar akan mendapatkan 1 lembar BPO, 1 lembar informasi singkat pembayaran dan dicetak di kertas ukuran A4

PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN

1. Saya telah melakukan transfer ke rekening yang berbeda/rekening penyetoran tahun lalu, apakah bisa diminta kembali?
Peserta harus menyetorkan uang panda Aran ke rekening MVA yang tercantum di BPO masing-masing pendaftar. (Code MVA setiap pendaftar berbeda-beda setoran. Selain ke rekening tersebut, akan dianggap belum menyetor dan tidak bisa dikembalikan.
2. Apakah panitia PMB PKN STAN menerima pembayaran tunai?
Tidak, pembayaran harus melalui setoran tunai di teller, internet banking dan ATM. Bank yang digunakan hanya Bank Mandiri.
3. Kapan batas akhir tanggal penyetoran ?
1 April 2017
4. Jika telah melakukan penyetoran sebelum periode penyetoran ke bank, bolehkah bukti setor tersebut digunakan untuk verifikasi dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU) ?
Tidak bisa, penyetoran hanya bisa dilakukan apabila pendaftar mendapatkan Bukti Pendaftaran Online (BP0) setelah registrasi, Penyetoran hanya bisa dilaksanakan menggunakan MVA yang tertera pada BPO pendaftar.
5. Bisakah meminta kembali uang yang sudah ditransfer ?
Uang yang sudah ditransfer tidak dapat dirminta kembali dengan aiasan apapun.
6. Berapa yang harus saya keluarkan untuk membayar biaya pendaftaran ?
Biaya pendaftaran PMB PKN STAN 2017 sebesar Rp 250.000,00
7. Pada saat verifikasi berkas, apakah bukti pembayaran harus dibawa ?
Ya, Bukti Setor/Bukti Pembayaran Wajib dibawa dan ditunjukkan.

VERIFIKASI BERKAS & PENCETAKAN BPU

1. Bagaimana pas foto yang benar ?
Pas foto berlatar belakang merah dan meniakai kemeja putih dengan kualitas foto studio tidak menggunakan handphnne, tablet atau sejenisnya. Bagi yang berkerudung, pas foto mengenakan kerudung berwarna putih. Apabila pada saat verifikasi berkas panitia menemukan foto yang tidak sesuai dengan ketentuan maka peserta diberi kesempatan untuk mengganti foto di hari yang sama.
2. Foto yang saya kumpulkan untuk syarat menggunakan jilbab karena menggunakan foto sekolah untuk ijazah, apakah saat verifikasi berkas boleh datang tanpa mengenakan jilbab?
Tidak boteh. Foto yang dikumpulkan harus sesuai dengan penampilan peserta saat datang melakukan verifikasi berkas. Apabila memang foto di ijazah tidak 5esuai dengan penampilan peserta, harap untuk menyerahkan pas foto terbaru.
3. Bolehkah verifikasi berkas dan pengambilan BPU di luar jadwal yang sudah ditetapkan?
Verifikasi berkas pengambilan BPU harus sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
4. Saya sudah datang pada hari sesuai jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU, tetapi berkas yang dibawa tidak lengkap, bagaimana prosesnya?
Peserta harus membawa semua berkas sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.
5. Bagaimana Jika saya calon lulusan tahun 2017 dan memiliki skala nilai rapor yang berbeda dari semester 1 s.d semester 5 ?
 Nilai tersebut harus dikonversi terlebin dahulu dengan salah sate skala, balk ke Skala 100,00 atau skala 4,00, Hasil konversi tersebut harus disahkan oleh Kepala Sekolah dengan dibuktikan dengan tanda tangan dan cap basah dari dari Kepala Sekolah, dan wajib dibawa untuk ditunjukkan kepada panitia pada saat verifikasi berkas. 
6. Bisakah saya berpindah lokasi verifikasi berkas/pengambilan BPU ?
Tidak bisa, peserta hanya isa melakukan pengambilan BPU dan verifikasi berkas di lokasi yang sudah untuk melakukan ujian tes tertulis.

PELAKSANA TES PENERIMAAN MAHASISWA BARU

1. Bagaimana jika saya dalam kondisi baru selesai operasi dan oleh dokter tidak diperbolehkan tes kesehatan dan kebugaran ?
Apabila anda tidak dapat mengikuti tes maka akan dinyatakan gugur.
2. Saya pernah mengalami patah tangan/kaki, bisa memilih spesialisasi Bea Cukai ?
Bisa, sepanjang anda lulus semua tahap ujian.
3. Lokasi TPA/BI seharusnya di kota A, namun pada saat tes saya sedang berada d kota B, bolehkah mengikuti ujian di lokasi B ?
Tidak boleh. Peserta harus mengikuti ujian di lokasi yang telah ditentukan.
4. Apakah saya bisa mendapatkan informasi terkait dengan materi tes Penerimaan Mahasiswa Baru ?
Tidak bisa. Kami tidak dapat mempublikasi terkait materi tes.

PELAKSANAAN PENDIDIKAN di PKN STAN

1. Apakah PKN STAN Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), atau ikatan dinas ?
Lulusan PKN STAN setelah tulus pendidikan dapat diangkat menjadi CPNS sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan dan lulus tes yang dipersyaratkan untuk menjadi CPNS berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2. Apakah kuota setiap daerah sama ?
Tidak ada kuota daerah.
3. Apakah PKN STAN membuka kelas berbayar ? (kelas swasta)
PKN STAN tidak membuka kelas berbayar.
4. Di mana lokasi pendidikannya ?
Lokasi pendidikan di Kampus PKN STAN Bintaro dan/atau Balai Diklat Keuangan di daerah. Lokasi pendidikan ditetapkan pada pengumuman hasil akhir PMB PKN STAN.

Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia Pelaksana Pusat PMB Politeknik Keuangan Negara STAN melalui email pmb@pknstan.ac.id

Tata Cara Pendaftaran Online STAN

Calon peserta sekolah ikatan dinas harus mendaftar dulu di portal Panselnas, sesuai ketentuan pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar 1  (satu) lembaga pendidikan ikatan dinas. Sebagai filternya digunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sehingga jika NIK sudah terdaftar di sekolah ikatan dinas lain otomatis sistem tidak akan menerima.

Langkah-langkah pendaftaran Online STAN 2017

File dalam bentuk pdf silahkan download di sini

You May Also Like

About the Author: admin

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *