Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2017

Kemenpan sudah mengumumkan secara resmi pendaftaran 8 Sekolah Kedinasan tahun 2017. Dikutip dari portal menpan.go.id waktu pendaftaran untuk 8 sekolah ikatan dinas dilakukan secara online serentak melalui portal www.panselnas.id, pada tanggal 9 – 31 Maret 2017.

Alokasi jumlah mahasiswa/taruna yang diterima pada tahun 2017 ini jumlah sebanyak 8.348 orang dengan rincian :

  1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) 6.961 orang
  2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) 1.689 orang
  3. Kementerian Perhubungan (STTD) 165 orang
  4. Kemenkum HAM (Poltekip dan Poltekim) 500 orang
  5. Badan Intelejen Negara (STIN) 124 orang
  6. Badan Pusat Statistik (STIS) 600 orang
  7. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 250 orang
  8. Lembaga Sandi Negara (STSN) 100 orang

Baca : Langkah-langkah pendaftaran online di Panselnas

PENERIMAAN CALON SISWA SISWI/TARUNA-TARUNI PADA KL YANG MEMPUNYAI LEMBAGA PENDIDIKAN KEDINASAN TAHUN 2017

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara den Reformasi Birokrasi memberitahukan kepada Putra-Putri terbaik lulusan SMU atau sederajat, bahwa.

1. Pada Tahun Anggaran 2017 akan dbuka penearimaan Calon Siswa-Siswi/Teruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan, sebagai berikut

2. Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal www.panselnas.id sesuai dengan penjadwalan tersebut pada angka 1 (satu).

3. Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 8 (delapan) Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan sebagaimana tersebut pada angka 1 (satu) dan apabila mendaftar di 2 (dua) atau lebih Lembaga Pendidikan Kedinasan, maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur.

4. Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian/Lembaga. Salah satu tahapan seleksi adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga.

5. Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti SKD dikenakan biaya Rp 50.000,- per peserta berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis don Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Teknis pembayaran akan diatur lebih lanjut dengan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara.

6. Untuk Lembaga Pendidikan Kedinasan pada Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, selain dipungut biaya tersebut pada angka 6, dipungut pula biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan.

7. Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi.

8. Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan Kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

Selain itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang dikaitkan dengan proses penerimaan Siswa-Siswi/Teruna-Taruni tersebut. Tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu.

PENTING :

1. PENDAFTARAN PESERTA SECARA ELEKTRONIK : Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:

  • Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku;
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga;
  • Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).

2. DUA TAHAPAN PENDAFTARAN : Pendaftaran di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.

3. PENDAFTARAN HANYA DI SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun. Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.

4. SELEKSI : Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selanjutnya terdapat seleksi/tes lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.

5. PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak akan diproses lebih lanjut.

6. PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti.

 

Alur Pendaftaran

  1. Buka portal https://panselnas.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) dengan benar.
  3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  4. Akan terbuka halaman pemberitahuan “Registrasi Berhasil” dan akan terunduh otomatis lembaran/”struk” bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/”file” nya.

PERHATIAN !!
Harap membaca semua penjelasan di layar dengan cermat dan teliti.

Berikut proses penerimaan mahasiswa/i maupun taruna-taruni lembaga pendidikan ikatan dinas 2017 :

  1. STAN
  2. STIN – Sekolah Tinggi Intelijen Negara
  3. STIS – Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
  4. STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara
  5. STMKG
  6. IPDN
  7. Poltekip dan Poltekim
  8. STTD

Permasalahan dan Solusi
Pendaftaran Online Ikatan Dinas

***

Sekolah ikatan dinas atau kedinasan selalu menjadi tujuan favorit bagi lulusan SMA sebagai tempat kuliah. Ada dua alasan utama yang melatar belakanginya. Pertama biaya yang terjangkau, biaya pendidikan sekolah kedinasan menjadi murah bahkan gratis karena adanya subsidi dari pemerintah dalam APBN yang dialokasikan dalam DIPA Kementerian/Lembaga yang membawahi sekolah kedinasan.

Anggaran yang bersifat subsidi tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mahasiswa. Boleh dikatakan semua biaya yang berhubungan dengan kegiatan akademik mahasiswa ditanggung alias gratis. Hanya biaya pendaftaran yang biasanya dibebankan kepada calon mahasiswa baru.

PNS

Alasan kedua mengapa sekolah kedinasan banjir peminat karena adanya peluang besar menjadi CPNS. Salah satu syarat menjadi CPNS adalah harus lulus tes kompetensi dasar (TKD), nah ujian TKD ini dilaksanakan pada pada awal bersamaan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Tes ini menggunakan sistem computer assisted test (CAT), jadwalnya setelah ujian tertulis atau tes kesehatan.

Jika diterima atau lolos sebagai mahasiswa baru pada Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas berarti syarat untuk menjadi CPNS terpenuhi karena sudah melalui tes TKD.

Untuk pengangkatan sebagai PNS dilakukan setelah mahasiswa dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan. Penempatan pada jabatan tertentu sesuai formasi yang disetujui dan ditetapkan oleh Menteri PAN dan RB berddasarkan usulan K/L atau Pemda terkait.

Jadi boleh dikatakan siswa/taruna akan diangkat menjadi CPNS jika lulus dari Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas yang bersangkutan. Karena Kemenpan sendiri yang mengumumkan pembukaan pendaftaran Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) beserta jumlah formasi. Artinya formasi atau jumlah siswa/taruna yang diterima sekolah ikatan dinas sudah disetujui Kemenpan.

 

Ikatan Dinas 2016

Sebagai persiapan untuk mengikuti prosesi penerimaan sebaiknya dimulai dari sekarang karena tingkat persaingan yang sangat ketat.Sebagai pertimbangan cermati pola penerimaan sekolah ikatan dinas tahun 2016 yang lalu. Persyaratan pendaftaran, tahap – tahap seleksi beserta jadwalnya setidaknya dapat dijadikan referensi menghadapi penerimaan sekolah ikatan dinas tahun akademik 2017/2018.

Kemenpan pada tahun 2016 menyetujui penerimaan calon siswa-siswi/taruna-taruni pada 7 (tujuh) K/L yang mempbawahi Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas, yakni PKN STAN (Kemenkeu), IPDN (Kemendagri), STTD (Kementerian Perhubungan), AIM dan Poltekip (Kemehumkam), STIS (Badan Pusat Statistik), STMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) dan STSN (Lembaga Sandi Negara).

Periode pendaftaran dimulai pada Maret sampai Mei 2016, sedangkan ujian TKD pelaksaanaanya dimulai pertengahan April. Tabel dibawah ini menunjukkan jadwal detail pendaftaran serta alokasi formasi, jumlah pendaftar dan total peserta yang ikut TKD.

Dengan melihat data di atas, bagi peminat dapat memperkirakan kapan jadwal pendaftaran ikatan dinas tahun 2017 akan dibuka. Tingkat persaingan juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan untuk melihat peluang diterima.

You May Also Like

About the Author: admin

10 Comments

    1. Pendaftaran belum dibuka, tunggu tanggal 9 Maret di panselnas.id nanti ada pemberitahuan url atau link pendaftaran

    1. Lihat persyaratan masih memenuhi atau tidak, terutama tahun kelulusan dan umur maksimal, asal masuk kriteria masih bisa mendaftar

  1. Saya sudah daftar, tapi pas mau ngunggah foto kok tidak bisa, jenis web apa sih yang di gunakan untuk browsing? Thank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *