Pendaftaran PPDB Kota Bogor 2016

Penerimaan siswa baru di Kota Bogor SMP, SMA, dan SMK khususnya jalur reguler dilakukan secara online melalui situs resmi yang yang dikenal dengan nama PPDB Online Kota Bogor.

PPDB Online Kota Bogor adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PPDB), mulai dari proses pendaftaran,proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Situs PPDB Online Kota Bogor yang berlamat https://kotabogor.siap-ppdb.com/ merupakan pusat informasi dan pengelolaan data penerimaan siswa baru untuk Kota Bogor.

Kuota

  • Kuota Jalur akademis (UN) paling kurang 70% dari daya tampung, kecuali sekolah di perbatasan, dan jalur non akademik (afirmasi keluarga miskin dan anak kandung PTK, dan ABK) paling banyak 20%, serta apresiasi siswa berprestasi paling banyak 10% (apabila diperlukan dapat lebih dari 20% dan atau 10% tetapi tidak melebihi 30%). Apresiasi siswa berprestasi yang berasal dari luar Kota Bogor paling banyak 10% dari total kuota apresiasi siswa berprestasi.
  • Kuota/daya tampung calon peserta didik baru SMP/SMA/SMK dari luar provinsi paling banyak 2,5%
  • Kuota/daya tampung calon peserta didik baru disetiap sekolah dari luar kota Bogor dalam provinsi paling banyak 10% (apabila diperlukan dapat lebih dari 10% ).
  • Kuota untuk SD domisili Kota Bogor paling kurang 90% dan luar Kota Bogor paling banyak 10% dari jumlah daya tampung (apabila dalam kota bogor kurang dari 90% dapat ditambah dari luar kota )

Alur Pendaftaran

Jalur Pendaftaran siswa baru di Kota Bogor terdiri dari 2 jalur yaitu Jalur Akademis (UN) dan Non Akademis (Prestasi, PTK dan Gakin). Hanya jalur reguler yang dilaksanakan secara online melalui situs PPDB Kota Bogor. Alur pendaftarannya dapat digambarkan sebagai berikut:

Alur Pendaftaran PPDB Kota Bogor

Jadwal Pelaksanaan PPDB Kota BogorĀ 2016

Jadwal Pendaftaran PPDB Kota Bogor 2016

Sistem Seleksi

Seleksi akademis dilakukan berdasar kan nilai SHUS/ SHUN , Seleksi non akademis (prestasi) dilakukan berdasarkan pemeringkatan prestasi terhadap penghargaan / sertifikasi peserta didik serta uji kompetensi (tes praktik) dilakukan oleh sekolah yang dituju.

INFO PENTING PPDB KOTA BOGOR 2016

  1. Dilaksanakan secara objektif, transparan dan akuntabel.
  2. Dilaksanakan tanpa diskriminasi atas dasar pertimbangan gender, agama, etnis, status social maupun ekonomi.
  3. Dilaksanakan berdasarkan kriteria nilai Ujian Nasional (SMP/SMA/SMK) dan Nilai Ujian Sekolah (SD), Tes Kesehatan bagi SMK.
  4. Dilaksanakan sesuai daya tampung sekolah.
  5. Penerimaan peserta didik baru pada satuan pendidikan anak usia dini dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. Calon Peserta Didik Baru SD tidak disyaratkan pernah mengikuti pendidikan TK/RA;
  7. Dilaksanakan dengan sistem ONLINE untuk SMP dan SMA/SMK.
  8. Tidak dipungut biaya (Gratis).
  9. Calon Peserta Didik Baru SMP dan SMA /SMK hanya dapat melakukan 1 (satu) kali pendaftaran;
  10. Calon Peserta Didik Baru SMP dan SMA asal sekolah dalam Kota Bogor dan atau domisili calon peserta didik baru dalam Kota Bogor mempunyai 2 (dua) Pilihan, sedangkan calon peserta didik baru asal sekolah luar Kota Bogor dan atau domisili calon peserta didik baru luar Kota Bogor hanya mempunyai 1 (satu) pilihan;
  11. Calon Peserta Didik Baru SMK asal sekolah dalam Kota Bogor dan atau domisili calon peserta didik baru dalam Kota Bogor mempunyai 2 (dua) pilihan kompetensi keahlian dalam satu sekolah, sedangkan calon Peserta Didik baru asal sekolah luar Kota Bogor dan atau domisili calon peserta didik baru luar Kota Bogor mempunyai 1 (satu) pilihan kompetensi keahlian dalam satu sekolah;
  12. Khusus SMP Negeri 17 hanya menerima pilihan pertama;
  13. Khusus SMP Negeri 3 membuka satu rombel olah raga yang mekanisme penerimaannya diatur oleh sekolah atas persetujuan Dinas Pendidikan. Sedangkan rombel lainnya mengikuti mekanisme PPDB 2016.
  14. Semua calon peserta didik baru yang memiliki nilai sama pada passing grade dinyatakan diterima, dengan dibuat berita acara dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan.
  15. Untuk Peserta didik yang berasal dari sekolah luar negeri, seleksi dilakukan melalui tes penempatan oleh sekolah yang dituju seizin Kepala Dinas Pendidikan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *